Minggu, 18 Maret 2018

NGOPREK SOAL INDUKSI MAGNET

Soal No.1

Sebuah penghantar lurus panjang dialiri arus 2 A seperti tampak pada gambar di bawah ini. Tentukan besar dan arah induksi magnet di titik P! (µo = 4π × 10-7 Wb/Am)
 
Jawab


 

Soal No.2 

Seutas kawat panjang memiliki arus sebesar ampere yang berjarak meter dari sebuah titik sehingga memiliki kuat medan magnetik sebesar B. Jika kawat diletakkan sejauh 2a dari titik tersebut, maka tentukan besar induksi magnetiknya!

Jawab



Soal No.3

Suatu kawat dilengkungkan dengan jari-jari 40 cm dan dialiri arus listrik seperti pada gambar. 
Tentukan besar dan arah induksi magnetik di titik P! (µ0 = 4π × 10-7 Wb/Am)


Jawab

 

Soal No.4

 Seutas kawat dialiri arus listrik i = 2 A seperti gambar berikut !

Tentukan :
a) Kuat medan magnet di titik P
b) Arah medan magnet di titik P
c) Kuat medan magnet di titik Q
d) Arah medan magnet di titik Q  
 Jawab
a) Kuat medan magnet (B) dari suatu titik yang berjarak a dari suatu kawat lurus panjang yang dialiri kuat arus i adalah :



Kuat medan magnet di titik P :



b) Arah ditentukan dengan kaidah tangan kanan, dimana ibu jari mewakili arah arus dan empat jari sebagai arah medan magnet dengan posisi tangan menggenggam kawat. Sehingga arah kuat medan magnet di titik P adalah keluar bidang baca (mendekati pembaca).
c) Kuat medan magnet di titik Q :



d) Arah medan masuk bidang baca (menjauhi pembaca)

 

Soal No.5

Perhatikan gambar berikut ini!



Tentukan besar dan arah kuat medan magnet di titik P !

Jawab
Arus A akan menghasilkan medan magnet di titik P dengan arah masuk bidang, sementara arus B menghasilkan medan magnet dengan arah keluar bidang .



Arah sesuai Ba yaitu masuk bidang.

Soal No.6

Kawat A dan B terpisah sejauh 1 m dan dialiri arus listrik berturut-turut 1 A dan 2 A dengan arah seperti ditunjukkan gambar di bawah.



Tentukan letak titik C dimana kuat medan magnetnya adalah NOL!

Jawab
Agar kuat medan nol, kuat medan yang dihasilkan kawat A dan kawat B harus berlawanan arah dan sama besar. Posisi yang mungkin adalah di sebelah kiri kawat A atau di sebelah kanan kawat B. Mana yang harus di ambil, ambil titik yang lebih dekat ke kuat arus lebih kecil. Sehingga posisinya adalah disebelah kiri kawat A namakan saja jaraknya sebagai x.



0 komentar:

Posting Komentar